Figur
Budi Rustandi, Mahasiswa yang rela Memikul Perpustakaan Keliling Sambil Berjualan

2017-01-10 14:19:33 | By Admin | 1229 views

Budi Rustandi, Mahasiswa yang rela Memikul Perpustakaan Keliling Sambil Berjualan


GenMudaID- Di jaman yang penuh gengsi seperti sekarang ini layaknya hampir jarang kita temukan ada seorang anak muda yang rela memikul dagangan sambil memikul perpustakaan keliling. Mahasiswa salah satu perguruan tinggi negeri di Bandung ini berkeliling dari tempatnya tinggal di kawasan Ujung Berung hingga Cibiru Hilir Kota Bandung sambil berjalan kaki. Dikutip dari laman detik.com, Budi adalah seorang anak muda yang berasal dari keluarga kurang mampu ia setiap hari berjualan agar-agar untuk dapat memenuhi kebutuhannya dan membiayai kuliahnya. Kegiatannya ini sudah dimulainya sejak tahun 2010, namun ada yang berbeda empat bulan belakangan ini dari barang jualannya. Budi tidak hanya memikul agar-agar dagangannya namun juga membawa banyak buku seperti buku novel, buku agama, komik hingga buku filsafat itu semua adalah koleksinya selama ini.

Banyaknya buku yang ia bawa saat berjualan itu bukanlah buku yang hendak dijual namun buku-buku tersebut hanya untuk dibaca Budi merombak sebagian ruang pikulannya itu untuk dijadikan perpustakaan keliling. Budi adalah mahasiswa semester 7 Jurusan Aqidah Filsafat Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, ia terinspirasi membuat sebuah perpustakaan keliling ini dari kegiatan kemasyarakatan yang pernah ia ikuti. Ia terbesit keinginan membuat perpustakaan keliling karena semasanya di kegiatan kemasyarakatan itu, seorang yang ingin membaca belum tentu mau untuk menghampiri perpustakaannya.

Perpustakaan keliling yang Budi buat tidak hanya memfasilitasi buku-buku untuk dibaca oleh masyarakat namun juga ia menyempatkan berdiskusi tentang buku tersebut oleh sesama pedagang ataupun warga sekitar. Budi adalah anak sulung dari 3 bersaudara ia bekerja mencari biaya untuk kuliah sekaligus juga membawa pesan ilmu yang ada di dalam buku-buku yang ia bawa, dari banyaknya buku yang ia bawa juga banyak orang yang ingin meminjam bahkan menyewa buku tersebut untuk dapat dibawa pulang. Kegigihan Budi untuk dapat bisa membiayai dirinya sendiri ini patut banget diacungi jempol Sobat GenMuda, ia tidak hanya memikirkan dirinya sendiri namun juga ingin menyebarkan ilmu yang ia bawa lewat bukunya. Wah hebat banget deh Budi, semangat terus yaa!

By Okii Witjaksono

Sebelumnya Selanjutnya

comments powered by Disqus
REKOMENDASI
Mobil Pakai Joystick? Bukan Lagi hanya di Games!
Trending

Mobil Pakai Joystick? Bukan Lagi hanya di Games!

2 years ago | 520 views

PARTNER
  • BNIMKIFrisian FlagAIESEC UGM