Tips
Harus Diketahui Bahwa Sekarang Dunia Kerja Lebih Mengutamakan Soft Skill!

2016-12-01 11:31:36 | By Admin | 339 views

Harus Diketahui Bahwa Sekarang Dunia Kerja Lebih Mengutamakan Soft Skill!



GenMudaID- Di semua perusahaan kini mensyaratkan adanya kombinasi yang sesuai antara hard skill dan soft skill apapun posisi karyawannya bahkan pendekatan dengan hard skill saja kini sudah ditinggalkan. Dilansir dari berita.suaramerdeka.com menurut Bambang Setiabudi selaku ketua Indonesia Career Center Network ( ICCN ) “Percuma jika hard skill oke tetapi soft skill buruk, kini berbagai perusahaan lebih menyaratkan kemampuan soft skill seperti team work kemampuan komunikasi dan interpersonal relationship”.

            Bambang menambahkan dalam beberapa tahun terakhir perusahaan cenderung memilih calon karyawan yang memiliki kepribadian lebih baik meskipun hard skill-nya lebih rendah. Alasannya memberikan pelatihan keterampilan jauh lebih mudah daripada pembentukan karakter. Biasanya pada proses rekrutmen karyawan kompetensi teknis dan akademis ( Hard Skill ) lebih mudah diseleksi, kompetensi ini dapat langsung dilihat pada daftar riwayat hidup, pengalaman kerja, indeks prestasi dan keterampilan yang dikuasai. Sedangkan untuk soft skill biasanya dievaluasi oleh psikolog melalui psikotes dan wawancara mendalam.

            Lalu mengapa karyawan lebih memilih karyawannya yang meilih untuk melatih keterampilan karyawannya? Dengan melatih keterampilan karyawannya perusahaan tersebut dengan sendirinya akan lebih cepat maju dan berkembang untuk siap melawan pesaingnya di dunia kerja. Seorang karyawan yang mempunyai keterampilan atau keahlian itu juga membuat nilai tambah untuk perusahaan tersebut. Jadi Sobat GenMuda agar kamu dapat berguna dan bermanfaat ke depannya coba gali keahlian kamu mulai dari bangku perkuliahan agar nantinya pada saat masuk dunia kerja kamu akan lebih mudah.

Source : berita.suaramerdeka.com

 
By Okii Witjaksono

Sebelumnya Selanjutnya

comments powered by Disqus
REKOMENDASI
Mobil Pakai Joystick? Bukan Lagi hanya di Games!
Trending

Mobil Pakai Joystick? Bukan Lagi hanya di Games!

5 years ago | 520 views

PARTNER
  • BNIMKIFrisian FlagAIESEC UGM