Fun Life
Problematika Anak Muda Dan Orang Tua Saat Menentukkan Pendidikan Sang Anak

2016-11-14 14:22:21 | By Admin | 337 views

Problematika Anak Muda Dan Orang Tua Saat Menentukkan Pendidikan Sang Anak



GenMudaID- Dalam menentukkan jurusan pada saat memasuki dunia perkuliahan biasanya seorang anak akan berdiskusi dengan para orang tuanya untuk menentukkan jurusan apa yang akan mereka pelajari, masalahnya adalah di jaman sekarang ini masih ada saja orang tua yang menginginkan anaknya memiliki bidang yang sama dengan orang tuanya. Tanpa mereka tahu apakah sang anak suka atau tidak dengan pilihan tersebut, membahas hal ini dalam wawancara yang dilakukan tim redaksi Generasi Muda ID kepada salah seorang orang tua bahwa sebenarnya orang tua hanya menginginkan yang terbaik untuk anaknya itulah yang membuat orang tua menginginkan anaknya untuk menekuni bidang yang sama.

Problematika ini sebenarnya adalah ketidaktahuan orang tua dengan apa yang terjadi pada saat ini ia hanya mementingkan ego mereka dan tidak melihat talenta anak yang sebenarnya berbeda-beda. Agar tidak salah langkah sebenarnya bakat anak sudah bisa dilihat sedini mungkin bagaimana cara orang tua dalam mendidik anaknya, pada generasi sebelumnya ketika lulus sekolah mereka hanya memikirkan pendapatan yang ia hasilkan saja. Tidak dengan bagaimana kesukaan mereka dalam bidang tersebut, sejak kecil sang anak belum mengetahui apa yang ia sukai dan yang ia ingin kerjakan. Inilah yang membuat ketidak cocokan jurusan pada saat pendidikan dan pada saat bekerja.

Di zaman modernisasi sekarang ini sebenarnya orang tua tidak bisa begitu saja meminta anaknya mengikuti jejaknya, orang tua sekarang lebih bisa mengeksplor anaknya dan dilihat bakatnya sejak dini. Sebaiknya untuk membebaskan anak untuk tahu apa yang ia inginkan seharusnya anak sudah tahu apa yang ia sukai sejak dini.

Melihat kondisi seperti sekarang ini ada baiknya orang tua mengajarkan kebebasan memilih kepada anaknya. Karena di usia yang masih belia anak akan lebih mudah untuk menyerap ilmu yang sudah ia dapatkan. Manfaatnya adalah jika seorang anak sudah lulus kuliah ia dapat memilih jurusan yang ia inginkan dan ia suka, ini juga menjauhkan potensi memasuki dunia kerja yang tidak sesuai bidang yang ia pelajari. Jadi pada saat ia berkuliah dan bekerja ia akan mengerjakan hal itu dengan sepenuh hati karena itulah pilihan yang ia sukai.

 

Source : Tim Redaksi Generasi Muda ID

 
By Okii Witjaksono

Sebelumnya Selanjutnya

comments powered by Disqus
REKOMENDASI
Mobil Pakai Joystick? Bukan Lagi hanya di Games!
Trending

Mobil Pakai Joystick? Bukan Lagi hanya di Games!

3 years ago | 520 views

PARTNER
  • BNIMKIFrisian FlagAIESEC UGM