Trending
Perjalanan Karir Teguh B Ariwibowo, Sukses di Usia Muda Kenapa Nggak?

2017-08-29 13:37:45 | By Admin | 1264 views

Perjalanan Karir Teguh B Ariwibowo, Sukses di Usia Muda Kenapa Nggak?


GenMudaID- Banyak cara seseorang mencapai kesuksesannya dan banyak juga mereka yang sukses di usia yang sudah matang, namun berbeda dengan pria satu ini, bernama lengkap Teguh Basuki Ariwibowo yang telah menduduki kesuksesan di usianya di bawah umur 30 tahun. Penasaran dengan awal mula ia mengembangkan karirnya?

Awal Mula Karir

Lahir di Malang 5 Desember 1989 ini adalah anak ke-empat dari empat bersaudara, Teguh sapaan akrabnya menceritakan awal mula ia tertarik di bidang usaha dan komunikasi padahal di awal beliau berkuliah dengan jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Airlangga Surabaya. Ia memulai membangun bisnisnya di semester dua awal perkuliahan, pada awalnya ia membuat sebuah perusahaan komunikasi yang bernama Voila. Ia terfikirkan membuat sebuah perusahaan komunikasi pada awalnya sama seperti anak muda pada umumnya yang mempunyai mimpi mendirikan bisnis dengan modal yang minim namun dikerjakan sesuai dengan passion. Teguh merasa bahwa dirinya tertarik di bidang kreatif dan komunikasi pada saat masih duduk di bangku kuliah, ia mulai membuat sebuah bisnis tersebut.

Mulai dari tahun 2008 dirinya sudah memulai sebuah bisnis dan kemudian ia mengikuti kewirausahaan pemuda mandiri dan dari situlah ia mendapatkan banyak bertemu banyak entrepreneur yang lain. Di awal karirnya membangun sebuah bisnis beberapa kali ia gagal, namun ia terus bangkit dan belajar dari banyak pengusaha yang sudah lebih banyak pengalamannya. Sebelum membuat Voila, ia sempat menjual baju, kue pada saat ia berkuliah dulu. Tidak berhenti, Teguh terus mengembangkan kreatiftasnya dan tidak ada kata Lelah untuk menekuni bidang tersebut,  dan akhirnya terbentuklah perusahaan pertamanya yaitu Voila. Di tahun 2010 Voila akhirnya diresmikan sebagai PT secara resmi, di awal karir Voila teguh mendapatkan klien pertamanya yaitu Indosat dan Sampoerna ia merasa disini langkahnya mulai terbuka sebagai perusahaan Activation.

Di tahun 2012, Teguh dan timnya hijrah ke Ibukota Jakarta di sini ia mulai mengekspansi perusahaannya ini di Jakarta. “Semua bisnis itu berproses, jadi kayak butuh semacam small steps dulu untuk kita terus maju dan progresif.” Ujarnya. Di tahun 2012 Teguh dan tim pindah ke Jakarta karena merasa ia akan “mandek” saja jika hanya membuka sebuah perusahaan di Malang. Tidak bisa dipungkiri bahwa Jakarta adalah kota yang penuh pesona untuk membangun sebuah bisnis.

Siapa takut sukses di usia muda

Di awal pengembangan karir dan bisnis Voila nya, teguh sempat mendapatkan banyak orang yang menganggap dirinya masih terlalu kecil untuk membuat sebuah perusahaan. Namun dengan sikap pantang menyerah yang dimilikinya dan belajar dengan bisnis tersebut ia tidak peduli dengan banyaknya cibiran orang terhadap dirinya, ia tetap belajar dan focus pada perusahaan yang ia jalani. “Sukses itu kan antara persiapan dan keberuntungan jadi saat kita sudah mempersiapkan diri, kita bisa ngomongin keberuntungan kita kok, dan itu ibaratnya yang harus kita perjuangkan”. Jelasnya.

Bahkan karena ia masih terlalu muda untuk mendirikan sebuah perusahaan brand activation ini, dulu pada awal karirnya ia bahkan sempat menumbuhkan kumis agar klien-klien yang datang lebih percaya bahwa ia dan timnya benar-benar professional dengan pekerjaan ini. Yang paling penting sebenarnya adalah bagaimana kemampuan Teguh dan tim-nya untuk membuktikan kepada klien bahwa perusahaannya tidak bisa dikatakan main-main dan bahkan mempunyai ide-ide yang brilian yang bisa mensukseskan apa saja yang diminta oleh klien tersebut.

“Jika kita diberikan kepercayaan dari orang lain, jaga kepercayaan itu dengan baik karena dari situlah karir kamu mulai berkembang. Sama kok semua bisnis itu pasti dimulai dari duit kecil, kalau dari duit kecil aja kita nggak bisa gimana kita nanti ngelola duit yang banyak?”
Teguh yang memulai karirnya di usia yang terbilang muda sangat di dukung oleh keluarganya terutama kedua orang tuanya, keluarganya termasuk keluarga yang sangat demokrasi dan membebaskan anak-anaknya untuk mengambil keputusan apapun yang mereka mau. “apa yang saya mulai pasti akan saya selesaikan” prinsipnya.

Kuliah Akuntansi dan Membangun Bisnis Komunikasi

Semua perusahaan pasti membutuhkan modal untuk bisa ia gunakan mendeirikan sebuah perusahaan, disini teguh tidak bergantung kepada orang tuanya. Ia dan teman-temannya patungan untuk menjalankan bisnis ini, modal awal yang keluar dari kantong pribadinya waktu itu hanya Rp. 2 juta saja. Di awal pekerjaan yang ia kerjakan itu pasti mendapatkan keuntungan nah keuntungan inilah yang diputar kembali ke bisnis yang ia jalani tersebut. Keuntungan perusahaan tersebut pada awalnya hingga Rp.100 juta dan akhirnya di putar kembali menjadi modal, itulah yang ia kembangkan hingga sukses seperti sekarang.

Perbedaan yang sangat terlihat ketika Tim GenMudaID berbincang dengan Teguh B Ariwibowo di kantornya, adalah ketika ia menceritakan tentang background perkuliahannya dengan bisnis yang ia sedang jalani saat ini. Teguh berpendapat bahwa bisnis yang ia kembangkan adalah passion-nya ia sangat menyukai bidang tersebut, karena membuat sebuah bisnis pada awalnya adalah dengan apa yang ia sukai. Membuat sebuah perusahaan adalah sebuah tantangan baru untuk seorang Teguh, ia merasa perusahaan adalah “anak” yang harus di bantu untuk maju dan berkembang. Dengan adanya bisnis seperti ini, Teguh merasa pengalaman yang ia dapatkan bisa selangkah lebih maju dari teman-temannya. Memang pada awalnya perusahaan ini di bangun ia masih sangat muda, dan bahkan mungkin sedikit anak muda yang sudah memikirkan bisnis di awal perkuliahan namun dengan tekad dan kegigihan-nya membangun bisnis ini. Pada akhirnya ia juga merasakan kesuksesan lebih awal daripada teman-temannya.

Perbedaan jurusan yang ia ambil dengan bisnis yang sedang di jalani sekarang sebenarnya bukanlah hal yang begitu penting, karena yang paling penting adalah seberapa cinta kamu dengan pekerjaan yang dijalani. Karena sesungguhnya jika kamu suka dengan bidang yang kamu jalani, dan tekun untuk hal tersebut kesuksesan akan datang dengan sendirinya.

Bikin Usaha Pinjam.co.id

Baru-baru ini Teguh B Ariwibowo masuk ke dalam daftar The 30 Under 30 Asia : Finance & Venture Capital yang dirilis oleh Forbes Asia, Teguh B Ariwibowo juga dinobatkan sebagai Top Fintech Asia 100 Leaders oleh NextMoney dan Top 63 Fintech Influencer in Asia. Teguh B. Ariwibowo adalah Founder and Chief Executive Officer dari Pinjam.co.id yang bermisi menyediakan alternative akses keuangan di Indonesia. Setelah di rasa Voila sudah mampu untuk berdiri sendiri, Voila akhirnya di kelola oleh para professional di bidangnya namun masih tetap pada pengawasan beliau, dan kini ia tengah merintis perusahaan Pinjam.co.id yang bertujuan untuk dapat membantu para pengusaha kecil yang membutuhkan dana untuk mengembangkan usaha mereka. Ia berharap akan banyak para pengusaha kecil yang sukses dengan bisnisnya dan dibantu oleh perusahaannya. Saat ini Teguh juga aktif menginisiasi komunitas Indonesia Fintech Forum, sebuah komunitas yang bertujuan mengembangkan ekosistem Fin Tech di Indonesia. Selain itu Teguh juga dipercaya menjadi Wakil Ketua Asosiasi Modal ventura dan Start Up Indonesia (Amvensindo).

Di akhir pembicaraan, Teguh memberikan tips kepada para anak muda yang ingin membuka sebuah usaha ia punya suatu kalimat yang selalu memotivasi dirinya “Kalau kita mau sukses, pertama yang kita lakukan adalah mensukseskan orang lain, yang paling penting adalah ketika kamu mempunyai sebuah mimpi jangan pernah berhenti mewujudkannya”. 

By Okii Witjaksono

Sebelumnya Selanjutnya

comments powered by Disqus
REKOMENDASI
Mobil Pakai Joystick? Bukan Lagi hanya di Games!
Trending

Mobil Pakai Joystick? Bukan Lagi hanya di Games!

8 months ago | 241 views

PARTNER
  • BNIMKIFrisian FlagAIESEC UGM