Trending
Kaum Muda Harus Pintar Memanfaatkan Internet, Kamu Sudah?

2017-08-23 15:19:20 | By Admin | 154 views

Kaum Muda Harus Pintar Memanfaatkan Internet, Kamu Sudah?


GenMudaID- generasi milenial adalah istilah yang akhir-akhir ini banyak dibicarakan masyarakat, baik di media social hingga forum akademik. Generasi milenial atau generasi Y adalah mereka yang lahir antara tahun 1980-2000. Artinya, generasi ini merupakan orang-orang yang berada pada usia produktif saat ini. Generasi milenial dikenal dengan generasi yang dekat dengan informasi dua arah, artinya mereka tidak hanya berperan sebagai penerima informasi, tetapi juga pembuat informasi. Ciri khas ini muncul karena danya internet. Kamu milenial adalah mereka yang mempunyai kedekatan yang lebih disbanding generasi sebelumnya, yakni generasi X.

Walaupun demikian, tidak semua generasi milenial bersikap sama. Banyak juga generasi milenial yang memanfaatkan teknologi internet untuk hal-hal yang berguna.

1. Aplikasi Permainan di Internet Untuk Membahas Soal-Soal Ujian

Mengunduh permainan ke ponsel pintar merupakan salah satu cara belajar yang unik. Aplikasi permainan yang dimaksud di sini adalah aplikas-aplikasi yang dapat membantu dalam belajar. Aplikasi semacam itu tepat untuk menghindari bosan akibat belajar monotondari buku, karena konsep aplikasi-aplikasi tersebut adalah bermain sambil belajar. Contohnya, jika kita hendak mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi, kita dapat mengunduh aplikasi kumpulan soal-soal tes potensi akademik.

2. Internet untuk berinteraksi dengan Teman

Melalui media social, kita juga dapat berinteraksi dengan banyak teman dimanapun mereka berada. Bahkan saat ini banyak situs di internet yang menyediakan fasilitas berupa forum di mana kita dapat bertemu secara virtual dengan orang di berbagai belahan dunia. Hal ini dapat memperluas interaksi, bahkan menambah wawasan tentang kehidupan orang di negara-negara lain.

3. Internet Untuk Menulis

Internet merupakan fasilitas yang sangat cocok bagi para penulis pemula maupun penulis lama jika ingin tulisannya dibaca oleh banyak orang. Melalui situs-situs menulis seperti Blogspot, Wattpad, Tumblr, WordPress, dan sebagainya, kita dapat menuangkan isi pemikiran tanpa khawatir tidak memperoleh pembaca.

4. Internet untuk Menyalurkan Kreativitas

Banyak penyanyi kelas dunia yang dikenal bukan karena dipromosikan oleh produser terkenal, tetapi karena mereka mempromosikan diri sendiri melalui internet, tepatnya Youtube. Seiring perkembangan zaman, aplikasi dan situs “penyalur bakat” di internet juga semakin berkembang. Banyak juga selebriti yang dikenal dengan aksinya (baik menari, menyanyi, melukis, dan sebagainya) melalui instagram yang awalnya diciptakan untuk sekedar berbagi foto secara virtual.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa saat ini, generasi milenial lebih senang bermain dengan ponsel pintar disbanding menonton televisi. Mereka juga lebih suka membaca berita dari internet dibanding berita dari koran atau berita yang dilihat dari televise. Namun hal tersebut tidak menjadi masalah, situs-situs berita di internet semakin bertambah dari waktu-ke waktu. Selain berita, informasi-informasi lain seperti lomba festival, beasiswa, dan sebagainya, dapat dengan mudah ditemuan di internet. Apa kamu sudah menjadi pengguna internet yang bijak dan pintar?

 
By Okii Witjaksono

Sebelumnya Selanjutnya

comments powered by Disqus
REKOMENDASI
Mobil Pakai Joystick? Bukan Lagi hanya di Games!
Trending

Mobil Pakai Joystick? Bukan Lagi hanya di Games!

4 months ago | 125 views

PARTNER
  • BNIMKIFrisian FlagAIESEC UGM