Trending
Prestasi Gemilang dari Faisal Indra Menjadi Duta Bahasa 2017

2017-08-22 10:03:30 | By Admin | 133 views

Prestasi Gemilang dari Faisal Indra Menjadi Duta Bahasa 2017


GenMudaID- Bernama lengkap Faisal Indra Permana ini adalah salah satu Duta Bahasa 2017 yang terpilih mewakili Jawa Tengah, Ia mengikuti ajang ini awalnya karena inisiatif dirinya sendiri yang ingin menguji kemampuan berbahasanya dengan baik. Pada bulan Mei 2017 ia mengikuti seleksi Duta Bahasa 2017 ini, pada bulan yang sama selain ia mengikuti kompetisi Duta Bahasa ia juga mempunyai target agar lulus dari Universitas Sebelas Maret dengan jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota. Setelah ia mengikuti tes di tanggal 18 Mei, peserta yang mengikuti ajang ini adalah 15 peserta pria dan 15 peserta wanita. Selanjutnya mereka melakukan seleksi final di tanggal 22 Juli 2017.

Selama kurang lebih satu bulan, Faisal diminta oleh Bale Bahasa Jawa Tengah untuk membuat sebuah kajian terkait tentang sosialisasi ejaan umum pedoman Bahasa Indonesia kepada taman baca masyarakat di sekitar Solo raya. Pada saat membuat program tersebut, peserta tidak di wajibkan mengikuti program tersebut namun Faisal bekerja sama dengan banyak taman baca hasilnya ia bisa dibantu untuk terus mengikuti seleksi Duta Bahasa untuk Nasional 2017. Ia membuat sebuah proposal untuk banyak taman baca agar metode belajar lebih menyenangkan, ide kreatif ini berhasil Faisal dibantu oleh banyak taman baca untuk mewujudkan metode ini dengan baik.

Pada tanggal 15 dan 16 Juli 2017, itu adalah batas akhir proposal yang telah Faisal susun. Proposal tersebut boleh dilaksanakan dan boleh hanya sebatas ide saja, namun Faisal memilih untuk juga melaksanakan apa yang menjadi ide nya. Seleksi yang di laksanakan juga bukan hanya sebatas proposal saja, namun juga kegiatan-kegiatan positif yang berkesinambungan dengan program penggunaan kosa kata Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Tujuan diadakannya program Cinta Bahasa Indonesia adalah untuk bisa berkenalan antar peserta yang datang dari seluruh penjuru Jawa tengah, ini juga mengajarkan faisal untuk lebih memperluas pengetahuan dan relasi yang lebih banyakl.

Pada sata penilaian di tanggal 22 Juli 2017, Faisal mempresentasikan ide dan usulannya di depan juri. Faisal hanya menjelaskan program yang ia buat sederhana dengan mengajar di Taman Baca Masyarakat, namun malah presentasi Faisal dengan video yang ia buat pada saat mengajar ini menjadi nilai tambah bagi para juri untuk melihat keseriusan Faisal dalam kegiatan ini. Setelah ia menjelaskan programnya, Faisal diapresiasi banyak juri karena ia termasuk ke dalam anak muda yang peduli tentang tata Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Ini juga yang ditunjukkan Faisal pada masa ia membuat sebuah kegiatan, smeua yang ia lakukan berbuah manis. Karya dan usulannya tentang program ini mendapatkan penilaian teratas dan membawanya menjadi pemenang Duta Bahasa Jawa tengah 2017.

Sobat GenMuda untuk menjadi anak muda yang ingin mengubah dunia, hal yang pertama kita bisa pelajari dari kisah Faisal adalah jangan pernah malu untuk menunjukkan kemampuan diri kamu di depan banyak orang, lakukan hal positif yang mungkin orang lain belum pernah lakukan. Menjadi berbeda yang terbaik adalah salah satu kuncinya. 

By Okii Witjaksono

Sebelumnya Selanjutnya

comments powered by Disqus
REKOMENDASI
Mobil Pakai Joystick? Bukan Lagi hanya di Games!
Trending

Mobil Pakai Joystick? Bukan Lagi hanya di Games!

4 months ago | 125 views

PARTNER
  • BNIMKIFrisian FlagAIESEC UGM