Trending
Kesempatan Berkarir Menjadi Pegawai Negeri Internasional di Perserikatan Bangsa Bangsa

2017-07-26 15:06:26 | By Admin | 524 views

Kesempatan Berkarir Menjadi Pegawai Negeri Internasional di Perserikatan Bangsa Bangsa


 

GenMudaID- Dahulu ketika berada di bangku sekolah pasti pernah mendengar organisasi internasional bernama Perserikatan Bangsa-Bangsa atau biasa kita singkat menjadi PBB. Organisasi yang berkantor pusat di New York, AS ini memang merupakan organisasi internasional dunia yang beranggotakan lebih dari 200 negara dunia dan mengurusi berbagai macam permasalahan dunia mulai dari ekonomi, sosial, keamanan, budaya, pendidikan, dan masih banyak yang lainnya. Dengan tersebarnya berbagai kantor regional PBB di beberapa kota dunia seperti Addis Ababa, Bangkok, Beirut, Geneva, Nairobi, Santiago, dan Vienna maka tidak mengherankan PBB juga membutuhkan tenaga kerja yang berasal dari berbagai negara di dunia. Berkarir di PBB selain kamu akan mendapatkan kesempatan untuk bekerja melintasi berbagai penjuru dunia kamu juga akan dibayar dengan gaji yang sangat besar. Bayangkan saja untuk posisi entry level sudah dibayar dengan gaji total per-tahun mencapai $37,000 USD atau sekitar Rp 493,000,000, dan semakin tinggi posisi juga gaji akan semakin meningkat hingga mencapai $123,000 USD. Luar biasa besar, ya? Nah buat kamu yang tertarik untuk berkarir di PBB tahun ini sedang dibuka program Young Professional Program (YPP).

APA ITU YPP?

Young Professional Program (YPP) merupakan sebuah inisiatif rekrutmen pekerja PBB yang ditujukan untuk professional muda berbakat dan berkualitas untuk memulai karir sebagai pegawai negeri internasional di sekretariat PBB. Program ini meliputi seleksi ujian masuk dan dilanjutkan dengan pelatihan perkembangan profesional ketika seorang kandidat sudah memulai karirnya di PBB. Untuk program YPP tahun ini di bawah Department of Human Resources terdapat 3 fokus utama bidang spesialisasi karir yaitu Political, Peace, Humanitarian and Human Rights (POLNET), Information Management, Public Information and Multimedia Production (INFONET), dan Administration, Evaluation, Finance, Human Resources, Investigation, and Procurement (IMAGNET). Adapun untuk melamar pada posisi ini seorang kandidat diharuskan untuk memenuhi persyaratan seperti:

1.    Berkewarganegaraan dari salah satu negara anggota PBB

2.    Lulusan dari universitas strata sarjana 1 (S1)

3.    Berusia 32 tahun atau lebih muda

4.    Fasih berbahasa Inggris atau Perancis

Dalam setiap tahun program YPP ini dibuka, PBB selalu memprioritaskan kepada pemuda yang berasal dari negara-negara yang tidak ada atau kurang perwakilannya di PBB (un-represented atau under-represented countries). Merujuk pada hal ini ada 62 negara prioritas yang diperbolehkan mengikuti program YPP ini dimana salah satunya adalah Indonesia.

PROSES SELEKSI DAN SERANGKAIAN TESNYA

Organisasi internasional sekelas PBB wajar jika proses seleksi dan tesnya sangat sulit. Dalam tahap seleksi saja dari sekitar 40.000 pendaftar di seluruh dunia hanya ada 5.000 pendaftar yang lolos untuk ikut seleksi ujian tertulis. Kemudian dilanjutkan dengan tahap wawancara yang akan diciutkan menjadi 400 orang kandidat dan tahap akhir adalah hanya akan nada 100 orang yang diterima untuk bekerja di PBB. Dalam ujian tertulis yang berlangsung selama 4,5 jam non-stop para kandidat akan dites dengan Bahasa Inggris atau Bahasa Perancis mulai dari soal pilihan berganda hingga menulis essay panjang mengenai situasi politik, ekonomi, sosial, dan permasalahan lain yang sedang dihadapi oleh PBB sekarang. Dalam tes membuat essay ini kemampuan bahasa, berpikir, berargumentasi, dan solusi yang kamu tawarkan akan sangat diuji sekali.

Merujuk pada data yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, dari sekitar 240 juta penduduk Indonesia hanya ada 81 staf profesional Indonesia yang bekerja di PBB. Hal ini jauh kalah dibandingkan dengan negara-negara kecil lainnya seperti Nepal yang berpenduduk 27 juta dan memiliki 165 staf profesional di PBB serta Filipina yang berpenduduk 99 juta jiwa diwakili oleh 773 staf profesional di PBB. Oleh karenanya Kemenlu RI sangat mendorong putra-putri terbaik bangsa untuk dapat berpartisipasi dalam program YPP ini karena dengan semakin banyaknya staf profesional Indonesia yang bekerja di PBB maka kepentingan dan posisi Indonesia juga semakin dipertimbangkan di sana. Jadi untuk para Sobat GenMuda yang tertarik untuk berkarir sebagai pegawai negeri internasional dengan membawa nama Indonesia di PBB bisa segera mendaftar melalui link berikut ini sebelum deadline ditutup pada 22 Agustus 2017 mendatang https://careers.un.org/lbw/home.aspx?viewtype=NCE. Selamat mencoba dan membawa nama Indonesia ya!


By Zulkifli

Sebelumnya Selanjutnya

comments powered by Disqus
REKOMENDASI
Mobil Pakai Joystick? Bukan Lagi hanya di Games!
Trending

Mobil Pakai Joystick? Bukan Lagi hanya di Games!

11 months ago | 322 views

PARTNER
  • BNIMKIFrisian FlagAIESEC UGM