Tips
Karena Semua Orang Terlahir Berbeda, Kecerdasan Setiap Orang Juga Berbeda-beda

2017-07-25 11:09:04 | By Admin | 3273 views

Karena Semua Orang Terlahir Berbeda, Kecerdasan Setiap Orang Juga Berbeda-beda


 

GenMudaID- Bagi sebagian Sobat GenMuda mungkin sejak dari sekolah dasar sudah sering melihat atau merasakan bahwa yang akan masuk dalam juara-juara kelas adalah teman-teman kamu yang pintar dalam hal berhitung. Parahnya lagi ketika kita berada pada sekolah menengah atas untuk pembagian kelas ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, dan ilmu pengetahuan bahasa sering ada stigma bahwa murid yang tidak masuk dalam kelas IPA adalah murid-murid yang tidak pintar. Nah coba kamu perhatikan apa kata Einstein dalam gambar di atas. Kurang lebih terjemahannya dalam Bahasa Indonesia seperti ini “Semua orang adalah jenius. Tapi jika kamu menghakimi ikan melalui kemampuannya untuk memanjat pohon maka ikan itu akan hidup selamanya dalam kebodohan”.  

 Artikel ini penting untuk kamu pahami karena sebenarnya kecerdasan itu tidak hanya berhubungan dengan hal-hal yang berhubungan dengan dunia matematis. Karena setiap orang dilahirkan berbeda begitu pula kecerdasan yang dimiliki oleh setiap orang juga berbeda. Howard Gardner, seorang psikolog perkembangan dari AS mencetuskan teori bahwa ada 9 tipe kecerdasan yang dimiliki oleh setiap orang. Dalam artikel ini tim redaksi akan membahas tentang 9 tipe kecerdasan tersebut dan sekaligus memberikan contoh-contoh pekerjaan dan beberapa orang sukes yang telah mampu mengembangkan potensinya berdasarkan 9 tipe kecerdasan ini.

      1.    INTRAPERSONAL (KECERDASAN INTRAPERSONAL)

Yang dimaksud dengan kecerdasan kategori ini adalah kemampuan individu untuk mengetahui diri sendiri, apa yang kamu inginkan, dan apa yang kamu rasakan. Kecerdasan dalam kategori ini sangat penting karena merupakan tahap awal bagi dirimu untuk tahu diri sebelum berusaha mengetahui orang lain. Dengan memiliki kecerdasan intrapersonal maka kamu akan lebih mudah menentukan tujuan dan prioritas hidupmu; mulai dari kamu ingin masuk di jurusan apa saat kuliah hingga menentukan bidang yang ingin kamu geluti di masa depan. Biasanya jenis kecerdasan ini sangat cocok dengan orang-orang yang berhasrat ingin menjadi pengusaha.

 

      2.    LINGUISTIC (KECERDASAN KEBAHASAAN)

Buat kamu yang sangat cepat mengambarkan keadaan rumit menjadi menjadi hal yang sederhana hanya dalam beberapa kata, inilah kecerdasan yang kamu miliki. Kamu yang termasuk dalam kategori ini sangat menyukai diskusi dengan lawan bicaramu, kamu juga suka menulis, membaca, dan pastinya kamu memiliki perbendaharaan kata yang banyak sehingga ketika kamu berbicara lebih terstruktur dan jelas maksudnya. Tipe kecerdasan ini sangat cocok sekali jika kamu menggeluti dunia jurnalistik,kehumasan, penulis, atau bisa menjadi juru bicara resmi pemerintahan. Nih buktinya Najwa Shihab setiap tampil di tv selalu jago berargumentasi dan berkata-kata dengan lawan bicaranya.

 

      3.    BODILY KINESTHETIC (KECERDASAN FISIK)

Bagi kamu yang sudah sangat aktif mengolah tubuh kamu dan sangat menyukai dunia yang berhubungan dengan aktifitas fisik, inilah potensi kamu. Dikarunia dengan fisik yang lincah, lentur, dan ketahanan tubuh yang prima tidak heran jika kamu selalu unggul dalam olahraga. Untuk kecerdasan jenis ini jelas sekali profesi sebagai atlit, pelatih, penari atau profesi lainnya yang berhubungan dengan gerak fisik adalah duniamu karena kamu akan sangat nyaman sekali berada disini. Coba lihat bagaimana lincahnya pebulutangkis China, Lin Dan dalam memperagakan keahliannya dalam bermain bulu tangkis di beberapa pertandingan internasional.

 

      4.    INTERPERSONAL (KECERDASAN INTERPERSONAL)

Dalam memahami orang lain melalui emosi dan karakteristiknya kamu sangat ahli sehingga dalam bersosialisasi dengan mereka tidak menjadi masalah untuk kamu. Jika kamu memiliki bakat ini maka kamu tergolong dalam orang yang memiliki kecerdasan interpersonal. Beruntung untuk kamu yang memiliki kecerdasan interpersonal karena kamu sangat ahli dalam memahami orang lain, memimpin orang lain, berempati terhadap mereka serta mampu mengorganisir mereka. Tak heran kamu sering dipercayakan untuk menjadi pemimpin dalam sebuah organisasi berkat kecerdasanmu ini. Dalam dunia kerja keahlian ini penting sebab hampir sebagian besar pekerjaan kita berhubungan dengan orang lain. Dunia psikologi adalah bidang yang pas untuk kamu karena di sini kamu akan mengembangkan kemampuan kamu untuk memahami orang lain lebih dalam.

 

      5.    SPATIAL (KECERDASAN VISUAL)

Jika kamu selalu tertarik dengan segala hal yang berkaitan dengan warna, gambar, ruang, dan visualisasi benda-benda yang ada di sekitarmu maka kamu termasuk orang yang memiliki kecerdasan spatial/visual. Selain itu kamu juga sangat meminati untuk mengabadikan objek-objek yang ada di sekitarmu melalui kameramu karena akan kamu simpan dan teliti lebih lanjut setelahnya. Tak heran jika profesi sebagai pelukis, fotografer, arsitek, dan perancang grafis 3 dimensi sangat pas buat kamu yang ada dalam kecerdasan ini. Di dunia perkuliahan pun kamu akan tertarik untuk masuk ke jurusan desain atau arsitektur. 

 

      6.    LOGICAL MATHEMTAIC (KECERDASAN BERHITUNG)

Kecerdasan ini buat kamu-kamu yang mahir dan pintar dalam hal berhitung. Pelajaran matematika seperti kalkulus yang susah buat kamu hanyalah persoalan yang mudah untuk diselesaikan. Selain itu, jika dihadapkan pada persoalan yang rumit kamu cenderung untuk memecahkannya melalui pendekatan logika yang rasional. Tidak mengherankan karena kamu dikarunia bakat dalam berhitung yang bagus maka profesi seperti akuntan, ekonom, pekerja bank atau ilmuan adalah dunia yang pas buat kamu. Mungkin ilmuan dunia seperti Einstein ini bisa kamu jadikan idola.

   

      7.    MUSICAL (KECERDASAN MUSIK)

Mendengarkan suara-suara di sekitarmu dan mengubahnya menjadi susunan nada menjadi hasil karya musik yang enak didengarkan adalah bakat buat kamu yang tergolong mempunyai kecerdasan musik. Berkat bakatmu ini kamu adalah orang yang sangat mudah mengingat, menyanyikan, atau bahkan menciptakan sebuah lagu. Di saat orang lain terganggu dengan suara musik, kamu justru bisa menggunakan musik untuk berkonsentrasi, bekerja, atau menghasilkan karya-karya kamu lainnya. Karena bakat kamu dalam bermusik ini pun maka tidak heran jika seni tarik suara, aransemen musik, dan profesi lainnya yang berhubungan dengan permainan alat musik adalah dunia kamu. Mozart adalah salah satu tokoh yang termasuk memiliki kecerdasan dalam bermusik berkat hasil-hasil karyanya yang sudah dikenal banyak orang.

 

      8.    NATURALIST (KECERDASAN NATURAL)

Seseorang yang memiliki kecerdasan naturalis ini sangat menyukai alam dan kamu sangat peka dan mengerti tentang apa yang sedang terjadi dengan alam kita hidup. Karena kamu sangat mencintai alam maka kamu juga suka sekali beraktivitas yang berhubungan dengan kegiatan di alam bebas seperti melakukan eksperimen biologi dengan tumbuhan dan kamu juga biasanya memiliki binatang peliharaan. Masih ingat dengan pelajaran biologi waktu kita SMP yang membahas tentang teori evolusi yang diciptakan oleh Charles Darwin yang mengatakan bahwa semua makhluk hidup saling berhubungan satu sama lain dan memiliki satu garis keturunan? Sebagai seorang naturalis sejati maka kamu tidak takut mengeksplorasi alam bebas dan menemukan berbagai macam hal-hal baru di dalamnya seperti yang dilakukan Charles Darwin. Tak heran profesi sebegai ahli biologi, botanis, atau yang berhubungan dengan alam sangat pas dengan kamu.

 

      9.    EXISTENSTIAL (KECERDASAN INTUITIF)

Kecerdasan nomor 5 ini mengacu pada penggunaan insting yang kuat yang dimiliki oleh seseorang. Biasanya kamu sangat tertarik dengan hal-hal yang berhubungan dengan filsafat seperti esensi mengapa manusia hidup, mengapa Tuhan menciptakan manusia, hingga mengapa alam diciptakan oleh Tuhan. Selain itu kamu juga akan lebih bijaksana dalam setiap mengambil keputusan karena kamu sudah mengukur resiko dari hal yang kamu putuskan. Tak heran karena memiliki kecerdasan eksistensial ini maka kamu cocok untuk menjadi penasehat agama, juru dakwah, atau profesi lainnya yang akan mengasah kemampuan intuisi kamu.

 

Setelah membaca artikel ini tentunya kamu sudah tahu kan apa saja tipe-tipe kecerdasan yang dimiliki setiap orang. Sudah saatnya kamu mulai memahami bahwa setiap orang dilahirkan memiliki kecerdasan yang berbeda-beda yang penting untuk mengisi antara satu sama lainnya. Terus kamu termasuk memiliki kecerdasan dalam kategori yang mana?

 


 
By Zulkifli

Sebelumnya Selanjutnya

comments powered by Disqus
REKOMENDASI
Mobil Pakai Joystick? Bukan Lagi hanya di Games!
Trending

Mobil Pakai Joystick? Bukan Lagi hanya di Games!

1 year ago | 435 views

PARTNER
  • BNIMKIFrisian FlagAIESEC UGM