Fun Life
Tinggalkan Kemewahan Ibukota, Pemuda Ini Pilih Kembangkan Dearahnya di Trenggalek

2017-07-21 10:58:52 | By Admin | 417 views

Tinggalkan Kemewahan Ibukota, Pemuda Ini Pilih Kembangkan Dearahnya di Trenggalek
 

GenMudaID- Masih berusia muda, meraih gelar diploma pada usia 17 tahun, dan pada usianya yang ke-33 tahun sudah menjabat sebagai bupati. Adakah dari kamu Sobat GenMuda yang mengenal sosoknya? Mungkin jika diberikan bocoran bahwa dia adalah seorang pria yang beristrikan artis Arumi Bachsin dari kalian ada yang tahu siapa sebenarnya dia? Dia adalah Emil Elestianto Dardak atau kerap disapa dengan panggilan Emil Dardak. Saat ini Emil merupakan pejabat penting di kalangan Pemerintah Kabupaten Trenggalek. Dia adalah bupati Kabupaten Trenggalek untuk periode masa jabatan 2016 – 2021.

 

     1.    SEMUA DIMULAI DI USIA MUDA

Tidak seperti kebanyakan orang yang menjalani proses hidupnya secara biasa-biasa saja, pemuda yang lahir di Jakarta pada 20 Mei 1984 ini justru menjalani beberapa puncak pencapaian hidupnya dalam usia yang sangat muda. Kiprah muda Emil diawali ketika dirinya berhasil meraih gelar diploma dari Melbourne Institute of Business and Technology pada usia 17 tahun. Kemudian dirinya melanjutkan pendidikan sarjananya di University of New South Wales, Australia pada 2002 hingga puncaknya dia mampu melanjutkan pendidikan master dan doktornya di Ritsumeikan Asia Pacific University, Jepang  dan dirinya mampu menyabet gelar sebagai doktor pembangunan termuda di universitas tersebut.

Karirnya pada dunia pekerjaan professional pun sangat bersinar. Diawali dengan bergabung pada institutsi perbankan dunia (World Bank) sebagai staf hingga kemudian dirinya mencapai puncak karir dengan menduduki posisi sebagai Chief Business Development and Communication Executive Vice President di PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero). Namun semua pencapaian tersebut tidak membuat Emil melupakan tempat daerah asalnya yaitu di Trenggalek.

     2.    KEMBALI KE ASAL UNTUK MEMBANGUN DAERAH

Dipicu dengan masih banyaknya permasalah yang perlu dibenahi terkait dengan pelayanan kesehatan dan infrastruktur di Trenggalek maka dirinya pun berani terjun masuk ke dunia politik untuk mengincar posisi sebagai bupati Trenggalek. Bersama pasangannya Mochamad Nur Arifin mereka berhasil meraih posisi sebagai bupati dan wakil bupati Trenggalek pada masa pemilihan kepala daerah tahun 2015 lalu. Resimnya pada 17 Februari 2016 lalu Emil dan pasangannya dilantik menjabat sebagai orang nomor satu dan nomor dua di kalangan pemerintahan Kabupaten Trenggalek. Dan hebatnya lagi kedua pasangan ini merupakan pasangan bupati dan wakil bupati termuda yang pernah ada di Indonesia.

 

Sejak terpilih menjadi bupati Trenggalek Emil fokus pada upaya untuk meningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di sana. Wajar saja, jika kamu masih ingat piramida terbalik sistem kependudukan banyak masyarakat di Trenggalek tergolong dalam kategori lanjut usia sehingga memprioritaskan pelayanan kesahatan untuk mereka adalah mutlak. Peningkatan pelayanan kesehatan ini juga dimulai dengan membangun infrastruktur jalan sehingga masyarakat yang berada pada daerah terpencil dapat dilayani dengan mudah oleh fasilitas ambulans bergerak. Khusus untuk infrastruktur jalan saat ini Emil sudah berjuang dan berhasil mendapatkan dana Rp 500 miliar untuk membangun jalan lintas selatan yang akan melintasi Kabupaten Trenggalek. Diharapkan dengan adanya jalan ini maka pembangunan dan pergerakan ekonomi Trenggalek dapat berkembang pesat.

      3.    PELAJARAN HIDUP YANG DAPAT DIPETIK

Sebagai pejabat muda dan berprestasi, sosok Emil ini patut untuk kamu jadikan panutan meraih apa yang kamu mimpikan. Sudah meraih gelar doktor di usia muda dan mencapai puncak karir lantas tidak membuat Emil berpuas diri, justru dia menyadari ada panggilan untuk kembali membangun daerah asalnya agar masyarakat di sana dapat memiliki taraf hidup yang lebih baik. Nah jika suatu saat kamu juga sudah mencapai kesuksesan maka jangan lupakan orang-orang di sekitarmu agar mereka juga dapat merasakan manfaat dari adanya ilmu yang kita miliki Sobat GenMuda.

 


   
By Zulkifli

Sebelumnya Selanjutnya

comments powered by Disqus
REKOMENDASI
Mobil Pakai Joystick? Bukan Lagi hanya di Games!
Trending

Mobil Pakai Joystick? Bukan Lagi hanya di Games!

1 year ago | 435 views

PARTNER
  • BNIMKIFrisian FlagAIESEC UGM