Fun Life
Buat Kamu Yang Berasal Dari Sragen, PBB Memberikan Penghargaan Bergengsi ke Daerah Asalmu Lho!

2017-07-21 10:01:03 | By Admin | 249 views

Buat Kamu Yang Berasal Dari Sragen, PBB Memberikan Penghargaan Bergengsi ke Daerah Asalmu Lho!

 

GenMudaID- Apa yang ada di benak kamu ketika pertama kali mendengar nama Sragen? Sebuah kabupaten di Jawa Tengah? Pintu gerbang paling timur masuk ke Provinsi Jawa Tengah? Ya, semua itu benar sekali! Namun apakah kamu sudah tahu bahwa kabupaten yang luasnya hampir sama dengan Kabupaten Tangerang ini juga berprestasi loh dalam tingkat internasional. Kabar gembira ini berhasil diraih Kabupaten Sragen setelah berhasil meraih penghargaan dari badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk kategori pelayanan publik terbaik.

Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan Sragen yang didukung teknologi berbasis informasi dan komunikasi berhasil mendapatkan penghargaan untuk kategori United Nation Public Service Award (UNPSA) pada tahun lalu. UNPSA merupakan ajang penghargaan kepada pemerintah kota atau kabupaten di sebuah negara karena berhasil memberikan pelayanan publik yang bagus kepada masyarakat. Kabupaten Sragen berhasil meraih penghargaan ini karena mampu menyediakan berbagai pelayanan publik yang efektif dan transparan. Beberapa contoh layanan publik tersebut diantaranya adalah:

      1.    Penerapan single data base yang terintegrasi antara kabupaten, kecamatan, hingga desa untuk penanggulangan kemiskinan.

      2.    Aplikasi SIM SUKET yang digunakan untuk pelayanan surat menyurat di desa yang terintegrasi dengan data base kependudukan.

      3.    Aplikasi Monev yang digunakan untuk mengetahui serapan anggaran di masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) agar lebih transparan.

      4.    Pembangunan konektivitas di 412 titik koneksi dengan peningkatan serat optik yang meliputi semua SKPD, kecamatan, hingga desa.

Tapi tidak hanya sampai di sini saja prestasi yang ditorehkan oleh Kabupaten Sragen. Untuk pelayanan kesehatan, khususnya untuk panti rehabilitasi yang menerpakan Sistem Layanan Rujuk Terpadu (SLRT) juga berhasil mendapatkan penghargaan dari PBB. Penilaian ini sendiri didasarkan pada beberapa aspek seperti pelayanan dalam panti, proses rekrutmen penerima manfaat (PM), proses masuk asrama, hingga selesainya proses rehabilitasi.


 

Perlu diketahui bahwa untuk mendapatkan penghargaan bergengsi dari PBB ini tidaklah mudah. Pertama sekali kabupaten/kota harus dinominasikan oleh pihak lain misalnya pemerintah pusat yang dalam hal ini adalah Pemerintah Indonesia. Setelah itu akan memasuki proses seleksi di tingkat ASEAN kemudian berlanjut lagi ke tingkat Asia Pasifik hingga tahap akhir pada tingkat global. Wow…luar biasa panjang ya. Ini merupakan salah satu bukti bahwa daerah di luar Jakarta juga berhasil unjuk gigi di tingkat internasional, kan? Mana nih kamu Sobat GenMuda yang berasal dari Sragen? Kamu patut berbangga ya dengan hasil yang ditorehkan oleh daerah asal kamu ini.


By Zulkifli

Sebelumnya Selanjutnya

comments powered by Disqus
REKOMENDASI
Mobil Pakai Joystick? Bukan Lagi hanya di Games!
Trending

Mobil Pakai Joystick? Bukan Lagi hanya di Games!

11 months ago | 322 views

PARTNER
  • BNIMKIFrisian FlagAIESEC UGM