Fun Life
6 Perguruan Tinggi di Indonesia yang Melahirkan Pengusaha Sukses di Bidang Startup

2017-07-12 13:41:12 | By Admin | 2290 views

6 Perguruan Tinggi di Indonesia yang Melahirkan Pengusaha Sukses di Bidang Startup
 


Dunia bisnis sedang merajarela di dunia modern ini sehingga banyak orang-orang sukses di usia muda menjadi seorang pengusaha sukses terutama di bidang teknologi digital yaitu menjadi pengusaha startup. Di era modern seperti sekarang ini banyak sekali perguruan tinggi di Indonesia yang berhasil melahirkan para pengusaha sukses di bidang startup. Mau tahu ada apa aja? Simak penjelasan berikut ini!

 

       1.    Binus

Binus merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia yang menghasilkan pengusaha sukses di bidang IT khususnya seorang CEO di perusahaan Stratup. Kampus ini telah melahirkan seorang pengusaha sukses di bidang startup bernama Wiliam Tanuwijaya. Berikut profilenya:


William Tanuwijaya merupakan salah satu pendiri Tokopedia pada 6  Febuari 2009 dan merupakan lulusan Binus jurusan Teknik Informatika tahun 1999. Ide mendiirikan Tokopedia muncul karena pada saat beliau bekerja di perusahaan pengembangan software komputer sering terjadi penipuan penjualan yang dialami para konsumennya. Atas musibah tersebut, William memutuskan untuk mendirikan sebuah perusahaan toko online yang mengubungkan penjual dan pembeli secara aman. Menariknya, pada tahun 2014, Tokopedia mendapatkan dana investasi dari Softbank sebesar Rp1.2 trilliun.

 

2.    Univeristas Indonesia

Universitas yang satu ini merupakan salah satu univeristas negeri terkenal dan terbaik  di Indonesia yang identik dengan jas almamaternya berwarna kuning. Selain terkenal dan ternama, UI telah menghasilkan seorang pengusaha sukses di bidang startup hiburan yaitu Natali Ardianto. Begini profilenya:

      

             Beliau adalah seorang  Co Founder dari Tiket.com sekaligus tokoh teknologi    informasi di Indonesia bidang digital dan branding. Tiket.com merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang traveling, perhotelan, dan berbagai event yang didirikan pada tahun 2011. Sebelum berkarir menjadi Co Founder Tiket.com, beliau bekerja di PT Infocus Media Utama dan HiQu Digital Multimedia International ketika masih kuliah Di UI. Lalu pada tahun 2010, beliau dan teman-temannya mendirikan sebuah komunitas untuk para startup yang diberi nama The Indonesian Startups Foundation. Setelah itu barulah pada tahun 2011 Tiket.com didirikan beliau bersama teman-temannya. Tiket.com meraih keuntungan yang sangat besar yaitu sekitar 1.300% di tahun 2013. Natali Ardianto adalah lulusan UI jurusan Ilmu Komputer tahun 1999-2004 dan 2005-2007.

 

3.    Univeristas Atmajaya Yogyakarta

Kamu pasti tahu Univeristas Atmajaya bukan? Universitas ini tidak hanya ada di Jakarta saja tapi ada cabangnya di Yogyakarta. Ternyata Univeristas ini merupakan tempat Leontinus Alpa Edison menempuh pendidikan. Siapakah Leontinus Alpa Edison itu:


Leontinus Alpa Edison merupakan kerabat dari William Tanuwijaya, pendiri Tokopedia. Beliau merupakan pendiri dan founder dari Tokopedia bersamaan dengan William Tanuwijaya. William Tanuwijaya mengajak Leontinus Alpa Edison untuk mendirikan Tokopedia bersama-sama. Atas kemajuan dan perkembangan Tokopedia, kini Tokopedia telah mendapatkan ribuan penjual yang bekerja sama di Tokopedia serta ribuan konsumen sehingga Tokopedia dicap sebagai toko online tersukses di Indonesia sampai sekarang.

  

4.    ITB

Tak hanya UI saja yang merupakan univeristas negeri terkenal dan terbaik di Indonesia, tapi ITB juga merupakan univeristas terkenal dan terbaik di Indonesia khususnya di wilayah Bandung. Karena namanya identik dengan teknologi, otomatis fakultas dan jurusan yang berhubungan dengan teknologi. Adapun seorang pengusaha sukses startup yang terlahir dari kampus ITB dan beliau ini termaksud orang yang berpengaruh dalam teknologi games loh. Siapakah beliau itu? Penasaran? Simak penjelasannya!

   

Kampus ITB telah berhasil melahirkan seorang pengusaha sukses startup dalam bidang games yang bernama Arief Widyarsana. Arief  Widyarsana yang biasa disapa Arief adalah lulusan kampus ITB jurusan Ilmu Komputer tahun 2005. Beliau ini memiliki ketertarikan dan hobi terhadap games sejak beliau masih TK loh. Pada saat masih kuliah di ITB beliau bersama teman-temannya Andrew Pratomo Budianto dan Shieny Aprilia mendirikan sebuah perusahaan games yang diberi nama PT Agate International di tahun 2005. Karena terlalu sibuk bekerja di PT Agate International, Arief memutuskan untuk mengundurkan diri dari ITB dan fokus pada perusahaannya. Pertama terbentuknya PT Agate International, perusahaan tersebut hanya mengembangkan sebuah games berbasis web. Lalu, seiring berjalannya waktu dan semakin berkembangnya PT Agate International, Arief dan teman-temannya memutuskan untuk mengembangkan games website menjadi game consule. Kini sudah lebih dari 10.000 pengunjung yang bermain games dari PT Agate International tersebut.

  

5.    Universitas Negeri Surabaya

Ada yang kuliah disini atau kamu termasuk lulusan Universitas Negeri Surabaya? Kalau iya, ternyata di Univeristas ini melahirkan seorang pengusaha startup bernama Rubby Emir.

   

Perusahaan yang didirikannya merupakan perusahaan yang bertujuan agar masyarakat berkebutuhan khusus bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah sesuai dengan kebutuhan mereka. Beliau melihat potensi masyarakat berkebutuhan khusus dalam mencari dan mendapatkan pekerjaan sangatlah kecil. Dengan begitu, Rubby Emir memiliki sebuah ide untuk membuat website dan aplikasi penyedia lowongan kerja untuk masyarakat yang berkebutuhan khusus. Website dan aplikasi tersebut menyediakan berbagai fitur yang mudah digunakan oleh masyarakat berkebutuhan khusus.

      

6.    UPH

          UPH atau Univeristas Pelita Harapan merupakan sebuah Universitas yang berada di daerah Karawaci, Jakarta. Univeristas ini termasuk universitas swasta dengan biaya masuk dan biaya kuliah yang terbilang sangatlah mahal sehingga banyak masyarakat yang menyebut  kata bencandaan UPH sebagai Uang Papa Habis. Di UPH sendiri melahirkan seorang pengusaha wanita  sukses bernama Cynthia Tenggara.


Beliau adalah  pendiri startup berrykitchen.com. Bisnis yang didirikan oleh Cynthia merupakan sebuah bisnis yang bergerak dalam bidang online catering yang didirikan pada tahun  2012. Bisnis tersebut menyediakan sekiranya 15 jenis menu makanan setiap harinya. Jumlah pesanan yang didapatkan berrykitchen telah mencapai 245.000 porsi makanan. Bahkan, berrykitchen sendiri telah mendapatkan dana investasi sebesar  Rp 500 jt dari Angin dan Rp 16.6 miliar dari Sovereign’s Capital. Keinginannya membuat berrykitchen.com karena pada saat beliau bekerja, beliau sangat sulit menemukan menu makanan yang benar- benar sehat dan bersih serta  dunia penjualan online semakin berkembang dengan pesat. Dengan begitu, terlintas dipikiran kenapa tidak membuat usaha catering online saja. Menu makanan yang dipesan di berrykitchen.com  beranekaragam dan bisa direquest.

-

Orang –orang tersebut termasuk orang-orang yang telah mencapai kesuksesannya di usia muda dan tentunya menjadikan inspirasi bagi kita untuk menjadi orang-orang sukses seperti mereka ini. Menjadi orang sukses tidak dilihat darimana orang tersebut pernah atau sedang menempuh pendidikan di suatu sekolah atau perguruan tinggi. Salah satu modal untuk menjadi orang sukses adalah kemauan yang keras. Untuk janganlah lupa untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya. Buat kalian yang sedang mencari info sekolah , perguruan tinggi, atau bahkan beasiswa yang tepat, kalian bisa mencari informasi dan rekomendasinya di www.edumor.com


Sumber : www.edumor.com
  
By Okii Witjaksono

Sebelumnya Selanjutnya

comments powered by Disqus
REKOMENDASI
Mobil Pakai Joystick? Bukan Lagi hanya di Games!
Trending

Mobil Pakai Joystick? Bukan Lagi hanya di Games!

1 year ago | 435 views

PARTNER
  • BNIMKIFrisian FlagAIESEC UGM