Tips
Berolahraga Saat berpuasa? Kenapa Enggak?

2017-06-06 10:50:22 | By Admin | 237 views

Berolahraga Saat berpuasa? Kenapa Enggak?


GenMudaID- Bulan Ramadhan adalah bulan yang unik di mana umat Islam di dunia diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari. Antara waktu tersebut, kurang lebih selama kurang lebih 13 jam, tubuh tidak mendapatkan suplai makanan dan minuman dari luar. Selain waktu makan, makanan yang dimakan saat bulan Ramadhan biasanya berbeda dari biasanya karena terdapat tradisi makan makanan tertentu, seperti kolak, kurma dan es blewah. Banyak orang yang tetap melakukan olahraga untuk menjaga kondisi tubuhnya tetap bugar di Bulan Ramadhan. Lalu bagaimana cara menjalankan olahraga yang baik di bulan Ramadhan?apa saja hal yang perlu diperhatikan?

     1.    Waktu Olahraga

Pertama yang harus diperhatikan adalah waktu melakukan olahraga. Tidak disarankan untuk melakukan olahraga di saat waktu puasa, seperti dilansir dari thenational dan islamicity, olahraga sebaiknya tidak dilakukan saat berpuasa karena saat puasa perut dalam keadaan kosong. Waktu yang terbaik untuk melakukan olahraga di bulan Ramadhan adalah pada saat berbuka, karena setelah berbuka tubuh mendapatkan energinya kembali dari makanan dan minuman. Namun ada juga yang beranggapan bahwa waktu terbaik berolahraga adalah pada saat menjelang berbuka, ini tidak masalah karena semua tergantung dengan individu masing-masing ada yang mampu melakukan olahraga saat berpuasa ada juga yang tidak. Jadi ada baiknya kenali diri kamu sendiri!

 

     2.    Olahraga yang Baik Dilakukan Saat Puasa

Selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah jenis olahraga, lakukan jenis olahraga yang biasa kamu lakukan. Namun sebaiknya lakukan jenis olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang, seperti berjalan, jogging dan bersepeda. Disarankan untuk tidak mencoba intensitas olahraga yang lebih tinggi dari yang biasa kamu lakukan karena ditakutkan tubuh tidak mampu melakukannya.

 

     3.    Asupan Makanan yang Diperlukan

Saat Ramadhan, tubuh diberi waktu dua kali untuk makan, yaitu pada saat sahur dan berbuka, Waktu makan di bulan ramadhan agak berubah dibandingkan dengan hari biasanya. Selain itu, porsi makan mungkin juga dapat berubah. Namun usahakan untuk tetap memakan makanan dalam jumlah yang sama dan mengandung zat gizi karbohidrat, protein, lemak, vitamnin, dan mineral untuk memenuhi kebutuhan zat gizi yang diperlukan tubuh.

 

     4.    Banyak Minum

Dehidrasi dapat terjadi saat berolahraga apalagi dilakukan pada saat cuaca panas, sehingga untuk mencegah hal ini terjadi, asupan cairan ke dalam tubuh harus diperhatikan. Asupan cairan yang disarankan adalah 1,5-2 liter perhari. Selain itu kamu juga disarankan untuk membatasi melakukan aktivitas di siang hari untuk mencegah dehidrasi.

 

      5.    Perhatikan Lama tidur

Untuk menjaga tubuh tetap prima saat bulan Ramadan, waktu tidur harus cukup. Orang dewasa memerlukan waktu tidur sekitar7-9 jam per hari. Waktu tidur yang kurang dapat mempengaruhi kinerja tubuh, tidur siang mungkin kadang diperlukan untuk mempertahankan kondisi tubuh tetap sehat.

 

Nah Sobat GenMuda agar kamu tetap bugar dan sehat di bulan Ramadhan kamu bisa mencoba hal tersebut, jangan sampai bulan Ramadhan membuat kamu jadi bermalas-malasan untuk melakukan aktifitas yang baik. Jangan lupa juga untuk beribadah, karena jika badan dan jiwa sehat maka hidup kamu juga pasti akan lebih sehat! Selamat Mencoba!

By Okii Witjaksono

Sebelumnya Selanjutnya

comments powered by Disqus
REKOMENDASI
Mobil Pakai Joystick? Bukan Lagi hanya di Games!
Trending

Mobil Pakai Joystick? Bukan Lagi hanya di Games!

11 months ago | 322 views

PARTNER
  • BNIMKIFrisian FlagAIESEC UGM