Tips
Awali Sukses dengan Mengenali Siapa Dirimu?

2017-05-15 14:41:40 | By Admin | 344 views

Awali Sukses dengan Mengenali Siapa Dirimu?


GenMudaID- Siapa kamu? Mungkin kalimat ini menjadi bahan dasar untuk mengawali sebuah kesuksesan diri, kalimat ini membuat kamu tahu betul siapa diri kamu dan bisa apa kamu dalam hidup. Banyak orang berpikir dan selalu beranggapan bahwa mengenal lebih banyak orang akan memberikan peluang untuk membuka jaringan yang lebih luas. Namun kamu terkadang lupa untuk mengenali diri sendiri sehingga potensi maupun kelemahan tidak diketahui dengan baik, inilah yang bisa menyebabkan apa yang menjadi kelebihan akan tidak terlihat. Terkadang kita terlalu sibuk untuk bergaul dan mencari serta mengenal sebanyak-banyaknya ornag di sekitar.

Lalu bagaimana dengan cara mengenali diri kamu sendiri? Ada banyak cara untuk mengetahui dan mengenali diri sendiri berikut ini mungkin bisa menjadi acuan kamu untuk mengenal diri kamu sendiri :

    1.    Visualisasi dan Indera Penglihatan

Awal dari mengenali diri sendiri adalah dengan memperhatikan apa saja yang kamu lihat dan sering kita temui. Bila kamu merasa cocok dan sesuai ini bisa jadi kamu nyaman dengan hal tersebut dan bisa dipastikan itulah kegemaran kamu. Lalu gambaran pandangan mata ini juga merupakan alat paling canggih lho, seperti contoh jika kamu mendengarkan lagu yang kamu suka dan ikut merasakan alunan music serta lagunya, sesungguhnya kamu sedang menunjukkan bahwa kamu senang dengan music dan cara mewujudkannya adalah mendengarkan music.

 

    2.    Kenali Diri Sendiri Dengan Perasaan

Mengenali diri selanjutnya adalah dengan perasaan, perasaan inilah yang dapat menggambarkan diri kamu apakah memiliki perasaan sensitive atau sebaliknya. Dengan perasaan, sebagai contoh bila kita melihat seseorang sedang bekerja keras untuk membangun bisnis agar masa depannya tidak melarat, dan akhirnya ia sukses membangun sebuah bisnis. Inilah yang membuat kamu terinspirasi darinya yang menjadi pendorong bagi kamu untuk lebih giat dan tekun, disini perasaan kita sedang bekerja sehingga kita termotivasi.

 

    3.    Kenali Diri Sendiri Melalui Pikiran

Bagaimana cara mendeteksi pikiran kita? Dengan pola pikir kita, pembentukan pola pikir melalui proses yang tidak instant dan cenderung memerlukan pengorbanan. Kenali pikiran kamu dengan cara melatihnya terus menerus. Caranya, dengan mengisinya dengan informasi yang baik dan bermanfaat. Dengan mengasah kemampuan pikiran, kamu bisa mengenal bagaimana pola pikir kamu dalam menghadapi sebuah masalah.

 

Ketiga hal di atas adalah hal dasar untuk mengenali diri sendiri, mulailah memakai semua panca indera yang tuhan berikan untuk mengetahui siapakah diri kamu sebenarnya? Jangan menunggu orang untuk menilai, tapi belajarlah ketahui seperti apa pribadi kamu. Jika sudah mengetahui apa saja yang menjadi kekurangan dan kelebihan, kamu akan mempunyai bekal untuk masa depan yang akan di wujudkan diri kamu. Ini juga merupakan pondasi terkuat untuk pengembangan diri, asah terus kemampuan yang kamu punya dengan begitu kamu bisa memaksimalkan potensi yang kamu miliki.

By Okii Witjaksono

Sebelumnya Selanjutnya

comments powered by Disqus
REKOMENDASI
Mobil Pakai Joystick? Bukan Lagi hanya di Games!
Trending

Mobil Pakai Joystick? Bukan Lagi hanya di Games!

1 year ago | 520 views

PARTNER
  • BNIMKIFrisian FlagAIESEC UGM