Figur
Ariefnaldo, Pilot Muda Indonesia Berprestasi di Maskapai Internasional

2017-05-10 09:36:03 | By Admin | 324 views

Ariefnaldo, Pilot Muda Indonesia Berprestasi di Maskapai Internasional


 

GenMudaID- Tidak terhitung banyaknya pemuda Indonesia yang berhasil membawa nama negara di pentas internasional, mulai dari karya di dunia akademis hingga prestasi di dunia kerja. Kali ini kabar bahagia datang dari Muhammad Ariefnaldo. Dia merupakan pemuda Indonesia yang berhasil meraih penghargaan sebagai Most Valuable Pilot dari maskapai tempat dia bekerja yaitu EVA Air. Bahkan hebatnya lagi penghargaan ini berhasil diraihnya hanya dalam waktu yang terbilang singkat sejak dia mulai bekerja di maskapai asal Taiwan tersebut. Arief bergabung dengan EVA Air di Februari 2016 lalu dan dia mendapatkan penghargaan ini di kuartal ke empat di tahun yang sama.

Untuk mendapatkan penghargaan ini bukanlah sesuatu yang mudah karena perusahaan tempat dia bekerja akan menilai rekam jejak selama bekerja serta akan menilai bagaimana pilot mampu mengatasi masalah teknis pesawat pada saat penerbangan dan harus mendaratkan pesawat dengan selamat. Perjalanan Ariefnaldo sendiri untuk sampai pada posisi sekarang terbilang cukup panjang. Ketika lulus SMA Arief tidak ingin melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi yang akan menghabiskan waktu hingga 4 tahun. Akhirnya ia memutuskan untuk melanjutkan ke sekolah penerbangan di Florida, Amerika Serikat yang hanya berlangsung selama setahun. Setelah lulus Arief bergabung dengan salah satu maskapai swasta terbesar di Indonesia selama 5 tahun. Di tahun 2015 Arief mendapatkan kesempatan untuk bergabung di maskapai Emirates dan Qatar Airways, tapi dia lebih memilih untuk bekerja di EVA Air.

Menjalani profesinya sebagai first officer di pesawat tipe 777-300 yang mampu mengangkut hingga 350 penumpang merupakan pekerjaan yang sangat menantang baginya. Tidak sekedar hanya pandai, pekerjaan yang dia jalani juga harus menuntut kesehatan yang prima serta memenuhi semua persyaratan teknis untuk melakukan penerbangan. Prinsip yang dijalaninya sehari-hari untuk bekerja sebagai first officer adalah selalu menjaga professionalisme di tempat kerja serta selalu berkomunikasi dengan pilot lain dari manapun sehingga wawasan semakin terbuka lebar. 

Seperti dikutip dari laman infopenerbang.com ia mengutarakan bahwa profesi yang ia jalani membutuhkan pembelajaran dan self improvement secara kontinyu mengikuti perkembangan dunia penerbangan karena industri penerbangan selalu berubah dan berkembang dinamis. Terkhusus untuk generasi yang ingin menjalani karir sepertinya dia berpesan bahwa harus disiplin sejak sekarang, terbuka dengan pengetahuan baru, tetap semangat, serta bekerja keras untuk meraih cita-cita sebagai penerbang. Hmm..pesan-pesan yang sangat bermanfaat nih buat Sobat GenMuda yang tertarik untuk mengikuti jejak karir Arief.

 


By Zulkifli

Sebelumnya Selanjutnya

comments powered by Disqus
REKOMENDASI
Mobil Pakai Joystick? Bukan Lagi hanya di Games!
Trending

Mobil Pakai Joystick? Bukan Lagi hanya di Games!

4 months ago | 125 views

PARTNER
  • BNIMKIFrisian FlagAIESEC UGM