Kabar
Siapa ya Ferdinand Monoyer di Google Doodle

2017-05-09 10:52:00 | By Admin | 236 views

Siapa ya Ferdinand Monoyer di Google Doodle


GenMudaID- Ferdinand Monoyer yang lahir pada 9 Mei 1836 merupakan salah satu oftalmologia paling terkenal dari Perancis. Oftalmologi adalah pakar medis yang khusus menangani diagnosis, penangan, pencegahan kerusakan, dan cedera mata. Ferdinand Monoyer adalah pengembang diopter alat yang digunakan untuk mengukur daya penglihatan. Alat yang diciptakannya itu masih digunakan hingga saat ini lho. Guna memperingati hari ulang tahunnya yang ke-181, peramban Google memasang google Doodle berupa sepasang mata yang menggantikan dua huruf ‘O’ dalam kata Google. Jika kamu klik google doodle tersebut, di bagian kanannya akan muncul animasi bagian berisi beberapa baris huruf berbagai ukuran yang digunakan untuk mengukur ketajaman daya penglihatan mata kamu.

Bagai itu biasanya disebut bagan Monoyer dan kita bisa melihatnya di rumah sakit, puskesmas, atau toko alat optic. Perhatikanlah lebih teliti dua kolom paling ujung di kanan dan kiri bagan tersebut. Dengan mengabaikan baris paling bawah (ZU) bacalah secara terbalik rangkaian huruf itu dari bawah ke atas. Kamu akan menemukan sedert huruf yang membentuk nama “Ferdinand Monoyer”. Tabel Monoyer yang diciptakan Ferdinand memiliki bentuk serupa dengan table yang ditampilkan di sisi kanan Google hari ini. Fungsi table Monoyer adalah untuk menguji kemampuan visual mata seseorang.

Setiap deretan huruf dalam table Monoyer ini mewakili ukuran dipter dari paling kecil hingga paling besar. Selain itu, deretan huruf itu mewakili ukuran jarak yang diperlukan agar seseorang bisa membacanya. Pada masa 100 tahun lalu, table Monoyer tersebut merupakan table pengujian mata pertama yang dibuat dengan system decimal. Dalam table pengecekan mata ini tersembunyi deretan huruf yang mengeja nama penemuannya, yakni Ferdinand Monoyer. Deretan huruf tersebut disusun terbalik dari bawah ke atas dan disematkan kanan dan kiri table karena kata Ferdinand ada di deretan huruf sebelah kanan, sedangkan kata Monoyerada di deretan huruf sebelah kiri.

By Okii Witjaksono

Sebelumnya Selanjutnya

comments powered by Disqus
REKOMENDASI
Mobil Pakai Joystick? Bukan Lagi hanya di Games!
Trending

Mobil Pakai Joystick? Bukan Lagi hanya di Games!

9 months ago | 275 views

PARTNER
  • BNIMKIFrisian FlagAIESEC UGM