Kabar
25 April Diperingati Hari Malaria Sedunia, Bagaimana ya Asal-Usulnya?

2017-04-25 14:06:53 | By Admin | 261 views

25 April Diperingati Hari Malaria Sedunia, Bagaimana ya Asal-Usulnya?


GenMudaID- Pernah dengar malaria? Malaria merupakan suatu penyakit yang menyebar melalui gigitan nyamuk yang sudah terinfeksi Parasit Plasmodium. Malaria adalah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk dari manusia dan hewan lain yang di sebabkan oleh protozoa parasite (sekelompok mikroorganisme bersel tunggal) dalam tipe Plasmodium. Malaria menyebabkan gejala yang biasanya termasuk demam, kelelahan, muntah dan sakit kepala. Dalam kasus yang parah dapat menyebabkan kulit kuning, kejang, koma atau bahkan kematian. Penyakit ini paling sering ditularkan oleh nyamuk Anopheles betina yang terinfeksi gigitan nyamuk memasukkan parasite dari air liur nyamuk ke dalam darah seseorang. Parasit bergerak ke hati di mana mereka dewasa dan bereproduksi.

Resiko penyakit dapat di kurangi dengan mencegah gigitan nyamuk dengan menggunakan kelambu dan penolak serangga, atau dengan tindakan control nyamuk seperti penyemprotan insektisida dan menguras genangan air. Beberapa obat tersedia untuk mencegah malaria pada wisatawan ke daerah di mana penyakit umum. Dengan kondisi darurat malaria tersebut setiap tanggal 25 April seluruh dunia memperingati Hari Malaria ini ditetapkan oleh World Health Assembly (WHA). Penetapan tersebut di sahkan pada 23 Mei 2007 di Jenewa Swiss yang dihadiri oleh 192 negara anggota WHO.

Hari Malaria sedunia bertepatan dengan Deklarasi Abuja yang terjadi pada tanggal 25 April 2001 oleh Negara-negara endemic malaria. Deklarasi Abuja merupakan persetujuan beberapa Negara di Afrika untuk mengalokasikan APBN setidaknya 15 persen untuk meningkatkan kesehatan warga negaranya. Selain itu 0,7 persen APBN disumbangkan untuk membantu Negara lain di Afrika yang membutuhkan. Setelah 10 tahun berselang berdasarkan laporan WHO tahun 2011 hanya satu Negara yang mampu untuk mencapai misi tersebut. Di Indonesia sendiri peringatan Hari Malaria Sedunia baru dilaksanakan sejak tahun 2008 dan hingga saat ini Indonesia telah merayakan Hari Malaria yang kesembilan.

Pada 2015 menurut Worl Development Indicators (WDI) pada 2015 Indonesia menduduki peringkat 42 dari 99 negara yang terserang penyakit ini. Wilayah Papua, NTT, Maluku, dan Bengkulu merupakan penyumbang terbanyak angka kejadian malaria di Indonesia. Wah Sobat GenMuda untuk menanggapi kondisi ini ada baiknya kita harus lebih peduli untuk menyebarnya malaria ini, jangan sampai generasi selanjutnya Indonesia malah makin menyumbang angka terbanyak kejadian Malaria di Indonesia.

By Okii Witjaksono

Sebelumnya Selanjutnya

comments powered by Disqus
REKOMENDASI
Mobil Pakai Joystick? Bukan Lagi hanya di Games!
Trending

Mobil Pakai Joystick? Bukan Lagi hanya di Games!

9 months ago | 275 views

PARTNER
  • BNIMKIFrisian FlagAIESEC UGM