Figur
Reza Nurhilman, Berinovasi Dalam Berbisnis.

2017-04-17 10:56:22 | By Admin | 245 views

Reza Nurhilman, Berinovasi Dalam Berbisnis.


GenMudaID- Masih ingat keripik Maicih? Keripik singkong pedas yang dijual secara ekslusif di tempat berbeda-beda ini sempat ramai dibicarakan di tahun 2010-an. Menggunakan cara berbeda dalam memasarkan produk, yakni memanfaatkan media sosial, keripik Maicih sukses mendapatkan omzet yang mencapai 4 miliar di tahun 2011.

Dialah Reza Nurhilman, pemuda kelahiran Jawa Barat, 29 September 1987 sang pemilik keripik. Berawal dari bertemunya ia dengan seorang ibu paruh bawa penjual keripik, Reza Nurhilman atau yang akrab dipanggil Axl ini tertarik menjual keripik serupa. Saat itu, Axl meminta resep kripik kepada ibu paruh baya itu, dan mencoba menjual keripik dengan metode pemasaran yang berbeda.

Menjual kripik bukanlah satu-satunya bisnis yang pernah dijalani Axl. Sebelumnya, ia bahkan pernah mengeluti bisnis elektronik, yang kemudian hasil keuntungannya ia kumpulkan untuk modal bisnis.

Tak kurang dari 15 juta rupiah, Axl gunakan sebagai modal berbisnis keripik Maicih. Terhitung pada akhir Desember 2010, keripik Maicih ludes hingga 1000 bungkus.

sempat terhenti karena pemasok keripiknya kewalahan memroduksi kripik dalam jumlah banyak, Axl membutuhkan waktu tak kurang dari sebulan untuk memroduksi keripik sendiri dengan rasa yang sama.

Berinovasi dengan cara pemasaran yang tergolong baru, yakni dengan menggunakan sosial media, membuat keripik Maicih cepat menjadi viral. Memanfaatkan sosial media untuk menginformasikan lokasi penjualan yang berbeda-beda, menjadikan keripik Maicih banyak dicari. Efek viral atau Word of mouth pun terjadi, sehingga Maicih banyak dan cepat dibicarakan karena rasa penasaran para followes. Penjualan Maicih meningkat pesat bukan hanya karena rasa penasaran pembeli dan cara pemasaran yang unik, namun juga karena rasanya.

Istilah-istilah yang digunakan dalam proses pemasaran juga tak kalah unik. Kata ‘jendral’ digunakan untuk para agen penjual, ‘iciher’ untuk pemakai produk Maicih, ‘tericih-icih’ untuk menggambarkan ekspresi yang tampak usai rasa pedas keripik mulai ‘menggentayang’, dan ‘presiden’ untuk Axl sendiri.

Maicih kini sudah menjadi sebuah perusahaan yang berbadan hukum PT. Meski terkenal dengan keripik singkong pedasnya, terdapat produk lain yang tersaji, seperti baso goreng, kerupuk, dan seblak. Karena bisnis inilah Axl saat ini bahkan dapat memiliki mobil mewah.

Dalam berbisnis, kata inovasi erat dikaitkan dengan produk itu sendiri. Namun, seperti Axl, ia berinovasi dengan cara yang berbeda, yakni berinovasi melalui cara pemasaran. Nah, sobat GenMuda, tertarikkah berinovasi dengan cara pemasaran seperti Axl?


By D.P Aulia

Sebelumnya Selanjutnya

comments powered by Disqus
REKOMENDASI
Mobil Pakai Joystick? Bukan Lagi hanya di Games!
Trending

Mobil Pakai Joystick? Bukan Lagi hanya di Games!

4 months ago | 125 views

PARTNER
  • BNIMKIFrisian FlagAIESEC UGM